Cara Main Game Sega Dreamcast di Android Dengan Emulator Reicast


Dreamcast Logo

Hai Sob…Jumpa lagi dengan Gremenmania dimana semua ilmu tutorial menenai Smrtphone, Laptop maupun tip’s lain yang dapat Sobat temukan disini. Semoga dengan membaca artikel di blog sederhana ini dapat menambah pengetahuan Sobat. Ok Sob, pada kesempatan kali ini Gremenmania akan membahas mengenai bagaimana cara memainkan game Sega Dreamcast dengan menggunakan emulator Reicast. Jadi jika sebelumnya Gremenmania pernah membahas mengenai bagaimana cara memainkan game salah satu konsol retro 16 Bit terbaik di eranya yaitu Sega Genesis atau Sega Mega Drive dengan emulator MD.emu, pada kali ini kita akan flashback lagi dengan memainkan game Sega Dreamcast. Mungkin diantara Sobat bertanya mengapa harus membuat artikel ini, bukankah cara menggunakan emulator sama pada umumnya ?. Well nampaknya para gamer retro kadang mengalami sedikit masalah saat menggunakan emulator Reicast. Oleh karena itu jika Sobat mendapati masalah saat mengunakan emulator Reicast maka Sobat tepat membaca artikel ini. Yuk simak tutorialnya.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Merekam Layar Laptop Dengan Mudah

1. Pertama, Sobat download dan install emulator Reicast terlebih dahulu. Sobat bisa download emulatornya di  Play Store. Sobat juga perlu download biosnya untuk dapat memainkan gamenya nanti. Sobat bisa download biosnya DISINI.

2. Jika sudah Sobat instal , Sobat jangan buka dulu emulatornya. Sobat download file game (Romnya)  terlebih dahulu.Sobat bisa download Romnya di Coolrom.com. Pastikan Rom atau file game yang Sobat download adalah Rom untuk emulator Reicast.

3. Jika file gamenya sudah Sobat download, Sobat kemudian ekstrak file game dan biosnya tadi.

4. Lanjut lalu Sobat buat folder baru untuk tempat file game beserta biosnya. Disini saya beri nama DC. Jika sudah Sobat buat, kemudian Sobat buat folder baru di dalam folder DC dengan nama data. Tempatkan bios yang sudah diekstrak tadi di folder ini.

 Lanjut lalu Sobat buat folder baru untuk tempat file game beserta biosnya. Disini saya beri nama DC. Jika sudah Sobat buat, kemudian Sobat buat folder baru di dalam folder DC dengan nama data. Tempatkan bios yang sudah diekstrak tadi di folder ini.

5. Kemudian pindahkan file game yang telah diekstrak tadi di dalam folder DC.

Kemudian pindahkan file game yang telah diekstrak tadi di dalam folder DC.

6. Jika sudah Sobat lanjut buka emulatornya.

Jika sudah Sobat lanjut buka emulatornya.

7. Bila muncul peringatan perizinan, Sobat klik Izinkan.

 Bila muncul peringatan perizinan, Sobat klik Izinkan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Terbaik

8. Klik logo garis 3 di pojok kiri atas, kemudian pilih Setting.

Klik logo garis 3 di pojok kiri atas, kemudian pilih Setting.

9. Sobat harus mengaktifkan bios yang sudah Sobat download dan ekstrak tadi dengan mengklik LOCATE. Klik Browse dan cari biosnya tadi. Pastikan Sobat pilih yang dc_boot.bin


Sobat harus mengaktifkan bios yang sudah Sobat download dan ekstrak tadi dengan mengklik LOCATE. Klik Browse dan cari biosnya tadi. Pastikan Sobat pilih yang dc_boot.bin

10. Kemudian Sobat tinggal pilih gamenya yang sudah Sobat ekstrak tadi dengan mengklik Browse.

Kemudian Sobat tinggal pilih gamenya yang sudah Sobat ekstrak tadi dengan mengklik Browse.

11. Well..Selamat bernostalgia Sob.

Well..Selamat bernostalgia Sob.

Baca Juga :  Cara Menyambungkan Koneksi Internet Hp ke Laptop Tanpa Menyalakan Wifi

Jika Sobat ingin menambahkan game, Sobat tinggal download file game nya seperti cara diatas. Untuk mempermudah pastikan setelah Sobat ekstrak file gamenya Sobat juga memindahkan file gamenya di folder yang sudah Sobat buat tadi (DC) agar mudah mengaturnya dan lebih rapi juga. Well terimakasih Sob sudah membaca dan selamat bernostalgia.


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 Komentar untuk "Cara Main Game Sega Dreamcast di Android Dengan Emulator Reicast"

  1. Nanti aku coba deh, btw gimana kalo pake hape kentang yang spek nya rendah, apa masih bisa make emolator gitu buat main game saganya?
    Mantab artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa masih bisa gan, cuman y mungkin bakal ngelag ngelag gitu...btw terimakasih gan udan berkunjung 😁.

      Hapus
  2. Untuk beberapa hp dengan os pie tombol D pad virtualnya engga muncul (walaupun masi bisa ditekan), dan problem ane cari caranya masi buntu ini masi belum solved kayanya sampe saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa diatur lewat setting atau dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti game keyboard. Terimaksih

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel