Cara Menyembunyikan File Agar Tidak Muncul di Gallery



Gremenmania logo hidden

Dalam dunia gadget seperti komputer atau smartphone tentu tidak lepas dari yang namanya file. File merupakan data yang tersimpan dalam sebuah berkas sistem yang dimana data tersebut dapat diakses dan diatur oleh user. File memiliki jenis atau tipe-tipe tersendiri contoh file System, file Dokumen, file Multimedia (Musik, Video, Gambar) dan lain-lain.

Bagi pengguna smartphone, file merupakan hal yang sering dibuat, diakses dan diedit. Jenis file yang paling banyak terdapat di smarphone sendiri adalah file jenis multimedia. Ini tidak mengherankan mengingat sebagian data-data yang sering diakses di smartphone merupakan data yang selalu dilihat, diputar dan dibuat oleh si pengguna. Contoh saja setiap hari tidak luput dari yang namanya selfie atau berswafoto, terutama bagi user penggila kamera. Setiap jepretan yang dibuat saat selfie otomatis menghasilkan 1 data tipe gambar. Begitu juga halnya dengan file musik maupun video yang notabenya merupakan data yang berisi atau berfungsi sebagai hiburan.

Untuk menampilkan file gambar atau foto tentu membutuhkan sebuah aplikasi, contoh saja gallery. Aplikasi gallery juga bukan hanya menampilkan gambar saja namun juga video, sedangkan file musik dapat diputar melalui aplikasi pemutar musik. Setiap foto maupun video yang dibuat atau didownload otomatis akan muncul di gallery. Hal ini tentu sangat membantu sehingga Sobat tidak perlu mengakses data lewat file manager terlebih dahulu. Namun terkadang juga kita perlu menyembunyikan file terutama file multimedia agar tidak muncul di gallery namun tetap tersimpan dengan baik di memori penyimpanan. Tapi bagaimanakah caranya ?, tenang Sob kali ini Gremenmania akan memberikan tip’s 3 cara menyembunyikan file agar tidak muncul di gallery dengan mudah. So..Simak tutorialnya berikut.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Shutdown Laptop Pada Windows 7

CARA PERTAMA

Cara pertama ini merupakan cara termudah untuk menyembunyikan file, yaitu Sobat cukup menambahkan titik di depan nama file yang akan disembunyikan.

Cara pertama ini merupakan cara termudah untuk menyembunyikan file , yaitu Sobat cukup menambahkan titik di depan nama file yang akan disembunyikan.



CARA KEDUA

Cara kedua ialah dengan memindahkan file ke folder Android Data. Sobat pilih file yang akan disembunyikan lalu pindahkan ke folder Android --> Data.

Cara kedua ialah dengan memindahkan file ke folder Android Data. Sobat cukup pilih file yang akan disembunyikan lalu pindahkan ke folder Android --> Data.

Baca Juga : Lupa Menaruh Hp ? Cukup Tepuk Tangan 3 Kali Untuk Menemukannya

CARA KETIGA

Untuk cara ketiga ini, Sobat bukan hanya dapat menyembunyikan 1 file namun juga beberapa atau banyak file dalam folder sekaligus. Sobat cukup membuat folder dengan nama .nomedia kemudian simpan di dalam atau bersama file yang akan disembunyikan.

Untuk cara ketiga ini, sobat cukup membuat folder dengan nama .nomedia kemudian simpan didalam atau bersama file yang akan disembunyikan. Bukan hanya file, cara ini juga sangat efektif bila Sobat gunakan untuk menyembunyikan banyak folder sekaligus.

Contoh seperti gambar diatas bila sobat tempatkan folder .nomedia diantara folder lainnya, maka seluruh file yang ada di folder tersebut tidak akan muncul di gallery.

Baca Juga : Cara Screenshot Full Halaman Sampai Kebawah di Android

Ok..sekian tip’s yang dapat saya share kali ini, terimakasih sudah membaca dan tentunya semoga bermanfaat bagi Sobat. Jangan ragu untuk meninggalkan komen bila Sobat kurang mengerti dan share artikel ini bila bermanfaat. Selamat mencoba.


3 Komentar

  1. Saya paling sering pake yg pertama gan,,tinggal tambahkan titik didepannya

    BalasHapus
  2. Mantap bro makasih infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama